Baluran sore hari- melihat keindahan savana bekol di penghujung musim panas

7:49 AM



Banyak yang bilang baluran ini adalah africa-nya Indonesia. Kenapa disebut africanya Indonesia? saya juga ga tau orang saya belum pernah ke africa.

Baluran ini terletak di ujung Banyuwangi, kalo liat di peta deket banget sama ujungnya pulau jawa. Dan ternyata memang benar Baluran ini dekat sekali dengan pelabuhan Ketapang. Jarak tempuh dari kota banyuwangi sendiri mungkin sekitar 2 jam, kalau dari Surabaya atau Malang sekitar 8 Jam.

Dari gerbang utama Taman Nasional Baluran menuju lokasi wisata Baluran sendiri itu ditempuh perjalanan sekitar 1 jam. Baluran memiliki daerah yang sering dikunjungi yaitu savana bekol dan pantai Bama. Tempat kedua tersebut juga ada wisma yang bisa disinggahi untuk bermalam.

Loket petugas

Untuk masuk ke taman nasional kita harus daftar dulu di pusat informasi, disini per-orangnya dikenakan biaya 5.000 dan mobil dikenakan 10.000, sebelumnya jika ingin bermalam harus konfirmasi dulu via telpon, nah berhubung nomor petugas balurannya itu labil jadi saya ga tau pasti yang mana nomornya, tapi coba cari di web balurannya, karna teman saya dapat nomor petugas dari webnya. untuk booking wisma di baluran ini harus melalui petugas taman nasionalnya ya guys.

Jalan kecil masuk ke taman nasional


savana bekol siang hari

posisi savana ini adalah di kanan jalan sebelum sampai di wisma rusa savana bekol, setelah melewati lorong pepohonan nanti akan keluar dan langsung melihat padang savana yang luas. Berhubung abis musim kemarau warna rerumputannya jadi coklat begini, kalo ga musim hujan mungkin hijaunya bagus kali ya.




wisma Rusa  dan tetangganya di daerah savana bekol, btw saya ga apal nama savananya

kalo kita search baluran di google sudah pasti keluar foto tulang rangka banteng, rusa atau kijang atau apalah saya ga tau, yang jelas di savana bekol ada pajangan tulang rangka hewan dan ini wajib foto karena hasilnya yang menurut saya ciamik sih, khasnya baluran.


spot foto dengan tulang rangka

happy to be single

bersama anggota tim PKM



haripun sudah mulai gelap, dan saya beserta tim masih melanjutkan perjalanan masuk lebih jauh menuju pantai bama karena kita menyewa wisma di daerah pantai bama

Note :

  • bagi kalian yang ingin ke baluran dan tidak ingin menginap (cuma mau hunting foto dan melihat keindahannya), lebih baik dari jakarta turun di stasiun surabaya dan dilanjutkan naik bis tengah malam menuju banyuwangi, hal ini agar sampai di baluran pagi-siang hari, karena waktu terbaik untuk hunting foto menurut saya pagi-siang hari
  • transportasi? kalo kalian via angkot dan turun di depan gerbang taman nasional kalian bisa bersabar menunggu petugas taman nasional sebagai tempat tumpangan sampai ke dalam


salam,
Farha

You Might Also Like

0 comment

Terimakasih sudah bersedia membaca, silahkan isi pesan dan kesan atau kritik di kolom komentar dibawah ini