kembali menjadi masing-masing

8:12 AM

ada kata seharusnya,

seharusnya diujung perjalanan meraih gelar sarjana kita selalu saling membutuhkan, saling menjadi tempat berkeluh kesah, saling menjadi tempat berkeluh lelah, tempat dimana kembali dalam segala hal.

tapi ujung perjalanan ini menjadi berbeda dari apa yang sudah dibayangkan pada kala pertama kita sama-sama merasakan sebuah fasa perubahan dari siswa menjadi mahasiswa.

memang adanya aku atau kamu mungkin tidak mengubah hal dalam segala hal. karena jarak yang terbentang beratus kilometer, dan ditambah berkali lipat jarak masing-masing hati kita yang sudah saling menjauh. 

adanya atau tidaknya aku tidak mengubah apapun, karena aku bukan seperti udara, gunung, laut, awan, yang bisa kau rasakan. karena aku bukan teman-teman yang selalu disampingmu, tiap hari melihat perjuanganmu, tiap hari mendengar keluh kesahmu, tiap kali mendengar cita-citamu. karena aku adalah tiada, karena aku bukanlah hal kecil apalagi besar untukmu.

dalam perjalanan ini setidaknya aku belajar,

untuk tidak memberitahu apapun kepadamu, tentang sebuah perasaan, keresahan, bahkan doa-doaku.

setidaknya aku belajar untuk menjadi terbiasa menyadarkan diri kalau aku tidak berhak dan kamu tidak memiliki hak apapun tentangku.

satu aku satu kamu saling menyendiri
satu aku satu kamu saling tak saling peduli

seakan tidak sadar bahwa masing-masing dari kita sudah tidak saling membutuhkan.

mungkin aku akan membenci gunung, samudera awan, hembusan badai angin diatas, bahkan teman-temanmu, yang sudah merenggut kenyamananmu padaku. 

tapi aku tahu satu hal, yang hanya aku perlu tahu.

yang perlu kau tahu,

ketahuilah, apapun yang kamu lakukan esok aku tetap mencoba tersenyum mendoakan kebahagiaan hidupmu. 

semoga puncak-puncak keinginan yang membuatmu nyaman dan bahagia selalu tercapai.

karena pernah bersatu tak selamanya menjadi satu,
karena bersatu selalu bisa kembali menjadi masing-masing

semoga kemudahan ujianmu esok hari diberi kemudahan,


 "Tidak ada seorangpun mampu melengkapi apa yang sudah utuh. Tidak ada sesuatu pun dapat mengisi apa yang sudah penuh. Tidak ada satu pun yang dapat berpisah satu sama lain.- Supernova"

You Might Also Like

0 comment

Terimakasih sudah bersedia membaca, silahkan isi pesan dan kesan atau kritik di kolom komentar dibawah ini