merdeka 69th!

1:22 AM

Dirgahayu Indonesia 69th!!
salah satu sudut Indonesia, Baduy


69tahun yang lalu rakyat indonesia sedang bergembira menyambut kemerdekaannya, berlega ria karna perang dari penjajahan akhirnya sudah selesai. Menyambut hari baru sebagai Negara Indonesia Merdeka. Terbayang teriakan bahagia, haru, mereka di hari ini. Jiwa yang menggebu setelah berjuang memecahkan suasana hari ini.

69 tahun Negeri ini merdeka. 69 tahun dengan pergantian 6 Presiden. Masa jabatan Pak SBY yang terakhir.

Kemerdekaan hari ini adalah berbeda cara meramaikannya. ada yang memasangkan bendera merah putih dan warna warni di depan rumah, ada yang memasang lampu kelap-kelip, berbagai lomba, konser dangdut, naik gunung, dan sebagainya.

seakan lupa untuk mendoakan para pejuang yang telah berkorban untuk kita semua mulai 69 tahun yang lalu sampai yang akan datang. seakan lupa berdoa untuk kemajuan negara ini, perlindungan, kesejahteraan, kejujuran dari pemimpinnya.

keluargaku mengajarkan merayakan 17 Agustus dengan cara tahlilan. Di kampung tepatnya kampung di Jakarta dulu ketika bapakku adalah ketua RT sampai 2 periode mengadakan acara yasinan pada malam 17an, namun sekarang tidak ada lagi di RT kampungku ini. tradisi hebat yang luntur, ketua RT yang berbeda. bahkan benderapun tidak dipasang di depan rumah. ini bukan salah ketua RT, mungkin salah pemudanya yang tidak bergerak. termasuk saya!

kalau di kampung purwokerto, berbeda. ada yang yasinan di RT rumah yang emang merupakan pondok pesantren, dan RT seberang ada konser dangdut. inilah masyarakat Indonesia. 

tradisi dalam meramaikan 17an,atau merayakan 17an yang berbeda. Namun tetap mengingat 17an sebagai hari kemerdekaan Indonesia.

salam Merdeka!

You Might Also Like

0 comment

Terimakasih sudah bersedia membaca, silahkan isi pesan dan kesan atau kritik di kolom komentar dibawah ini