trip Sawarna 1-3 November 2013

8:54 AM

SAWARNA- sudah lama sekali saya menginginkan untuk mengunjunginya tapi belum nemuin yang pas di hati, eh belum ada duitnya lebih tepatnya. kalo baca di blog si ya pasti langsung tertarik karna foto-fotonya selalu bagus-bagus view pantainya.

trip sawarna ini bareng emm siapa lagi my solumate travelling nina mu'minah, sebenernya awal mau daftar di BPI temen kelas banyak yang mau ikut tapi akhirnya yang jadi ikut cuma saya, nina, dan windu. yasudah selagi ditemani nina saya ga akan menggagalkan tripnya hahaha

trip ini bareng backpaker bogor comunity yang didirikan oleh mas teguh (leader yang bawa ke sawarna). jadi peserta trip yang daftar ini rata-rata yang daftar lewat BPI (backpacker indonesia). sebelum hari H, saya mantau web BPI postingannya mas teguh ternyata peserta yang ikut 60 dengan 45 cewek. ya ampyyun banyak sekaleeeh. tapi saya biasa aja nanggepin peserta yang sangat banyak itu, lah saya pernah ikut trip ke tidung dengan 200an orang :P

1 November 2013
karna ini ikut backpacker bogor otomatis ngumpulnya di bogor. saya nina dan windu yang ga kenal daerah bogor ini berasa polos sekali. kita berangkat jam 5 sore naik KRL ke bogor dengan modal 8500 sampai bogor.

sampai di bogor kita cari makan dulu, karna melihat ada tulisan KFC dan nina yang sok tau katanya ada promo 15ribu akhirnya dari stasiun langsung nyebrang menuju salah satu mall. tapi sampe di KFC dengan bawa tas gede plus coverbag dan sandal gunung dan dandanan gembel kita cuma numpang duduk, ternyata promo itu berlaku cuma hari rabu dan pas nengok ke kasir liat harga paketan yang sangat mahal akhirnya memutuskan untuk ga makan di KFC. 

kitapun makan di sepanjang jalan kaki lima deket stasiun, nyangkanya makanannya murah karna cuma soto ayam plus nasi dan es teh, tapi pas mau bayar total makannya 51.000 bertiga tetep aja itungannya 17ribu/orang dan buat saya itu mahal -.-

kemudian kita lanjut ke tugu kujang dengan angkot 03, karna ga tau tugu kujang dimana nina pun siap dengan GPS di handphone smartnya. kumpul jam 9 di tugu kujang tapi kita udah sampe jam stengah 8an akhirnya memutuskan untuk mampir ke BOKER, botani square. cuma mampir solat dan saya mampir bokeer :D

sesampainya di tugu kujang kita masih harus menunggu peserta lain terkumpul. dan baru berangkat menuju pelabuhan ratu jam stengah 11 malam dengan menggunakan bis pariwisata. karna perjalanannya malam saya gak ngeh kalo sepanjang perjalanan ternyata berkelok dan jurang-jurang. sepanjang perjalanan juga saya cuma tidur karna lelah seharian kuliah, bersiin rumah dan baru packing jam 3 sorenya.

di bis dengan mata yang udah pengen merem

bis besar ga bisa nganter sampe di desa sawarnanya karna jalanannya katanya kecil dan penuh lobang-lobang dan curam, make bis cuma sampe pelabuhan ratu aja, nah kemudian kita di oper dengan 4 elf dengan muatan 15orang/elf. sampe di pelabuhan ratu sekitar jam 2, dan jam stengah 3 lanjut make elf.

ternyata bener jalanannya naik turun, dan gujlak gujlukk karna banyak jalanan yang rusak. saya dan nina duduk di tengah ga bisa tidur karna posisinya ga bisa senderan dan jalannya bikin mual, sementara yang lain tertidur pulas kaya ga ngerasain jalan yang sangat rusak.

gapura selamat datang di desa sawarna
jembatan boleh gantung, asal perasaan gak digantung

dan akhirnya sampai di desa sawarna jam 4an. lumayan cepet awalnya katanya ditempuh sampe 2 jam ternyata kurang dari 2 jam kita udah sampe. nah untuk masuk desa sawarna ini kita harus ngelewatin jembatan gantung. lumayan bikin deg-degannya jembatan gantungnya karna jembatannya itu agak ga seimbang beda sama jembatan gantung deket rumah saya walaupun dari kayu tapi kaku ga lonta lonte kaya di sawarna (letoy maksudnya).

ga jauh dari jembatan gantung kita udah sampe homestay. homestay di sawarna yang saya tempatin lumayan lah, kasurnya empuk, kamar mandinya bersih, dan makanannya enak enak, ibunya juga baik. saya lupa kenalan sama ibunya -.-

2 November 2013.
jam 8 pagi, kita langsung menuju goa lalay. yang di tempuh 3 km dari desa sawarna. saya udah liat di blog untuk ke goa lalay kita bakal nikmatin pemandangan yang asoy, dan ternyata benar sepanjang perjalanan ke goa lalay saya menemukan sungai, sawah, pohon-pohon, suara aliran air, jangkring. huaaaa indah banget pokoknya.

ini pertama kalinya saya masuk goa. ternyata masuk ke goa itu ga enak, bau eek kelelawar pengep saya bingung jadinya kenapa banyak orang yang tertarik ke goa -.- kasian kelewarnya jadi keganggu tidur siangnya.

masuk ke goa lalay ini cuma jalan kaki nyusurin aja liat di dalem goa, cuma liat stalagmit dan ga ada stalagtit yang ada cuma lumpur di dalem goa. dan airnyapun ga jernih warnanya coklat kaya air kapur -.-

menyusuri sawah menuju goa lalay


my soulmate travelling


a lap yu ninaaaa hahahaha

goa lalay

setelah bermain di goa lalay kemudian lanjut ke pantai lagoan pari. sebenernya ke lagoan pari bisa lewat pesisir pantai sepanjang 3km tapi ga mungkin kan kalo dari goa lalay balik ke desa sawarna terus ke lagoan pari bisa berkali lipat jalannya.

nah kalo dari goa lalay ini ke lagoan pari semacem trekking kecil, ngelewati sawah terus nanjak dikit kaya ngeloncatin gunung gitu, karna pantainya ada dibalik gunung. perjalannnya lumayan melelahkan karna harus trekking tapi puas pas ngeliat desiran ombak dan pasir putih.
trekking melompati gunung menuju pantai

keliatan kurusannya :P

pantai ini semacem pantai di gunung kidul. semacem teluk dan pasirnya putih bersih banget cocok buat main air. di pantai ini saya cuma main air dan foto-foto sebenernya pengen nyemplung tapi karna kita cuma bertiga krik krik kali ya nyemplung gitu

yeaaaaaaaaaaaaaay!!!! I'm happy

jump jump jump! gagal-

wave make u always say "aaaaaaaaaaaaaaaaaa"

selesai menikmati pantai legoan pari kita balik ke homestay nah pulangnya kita lewat pesisir pantai, dan nemuin beberapa view yang cantik. walaupun sebenernya jauuuuuuh banget dari legoan pari sampe ke homestay itu kaya dari ujung ke ujung.

pesisir pantai

big rocks!!

its so beautiful

maskot sawarna, tanjung layar

ombak yang mengikis karang

karna kebanyakan cewek jadi banyak mbak mbak peserta lain yang ngeluh kepanasan dan jauh banget -.- awalnya dikiranya kita bakal dibawa kepantai mana gitu sampe nanti sunset eh ternyata pulang ke homestay dan jujur itu jauh buangeeeeeeeeeeeeeetsssssss. tapi puas karna banyak ngelewatin view yang bagus.

sorenya kita menuju ke pantai ciantir untuk menanti dan menikmati sunset, inilah momen yang saya tunggu tunggu. pantai ciantir ini rame banget mungkin karna pantai terdekat dari homestay di desanya kali ya jadi banyak orang yang ke pantai ini buat nunggu sunset.

dan benar dugaan saya, sunsetnya sempurnaaah!! karna harinya cerah tanpa mendung jingga orange yang dikeluarin sang matahari benar-banar sempurnaa. aaaaa saya rindu dengan jingga. 

matahari mulai menampakkan keindahannya



hello jingga!
dan mulai tenggelam

sun was gone but he still give a light

selesai menimati sunset, kita pulang dulu ke homestay buat bersih-bersih dan makan kalo saya sih udah mandi dari abis ashar karna ga mau ngantrii. jam 8 malam kita balik ke pantai lagi buat api unggun. acaranya kenal-kenalan dan sharing.

api unggun



3 november 2013

sebelum pulang ke bogor, paginya kita menuju pantai karang taraje. kunjungan terakhir di sawarna. karang taraje ini seperti pantai wedi ombo isinya karang-karang besar gitu. pas kesini dan liat pemandangannya hemmm saya langsung mengingat potongan kenangan -.- iyuwh

pantai adalah kenangan

hello waves, why u look so beautiful?

another girls

dari tirp sawarna ini saya mempelajari beberapa hal. trip ke pantai ini jauh sekali perbedaannya kalo kita naik gunung. kalo trip pantai ini walaupun serumah bareng peserta lain tapi kita ga begitu deket cuma sekedar kenal paling cuma deket sama beberapa orang. nah kalo naik gunung banyak waktu yang dihabiskan sama temen yang lain, ngerasain naik bareng susah bareng, pas ngecamp masak bareng makan ga enak bareng. intinya trip pantai ga se greget naik gunung. 

trip sawarna ini total saya menghabiskan 400ribu. 330 ribu bayar mas teguh untuk segala fasilitas sawarna termasuk pp transportasi tugu kujang-sawarna. dan 70 ribu hidup di sawarna beli air, snack, makan di stasiun, transportasi KRL dan angkot.

alhamdulillah selamat sampai rumah. oh iya karna naik KRL lebih murah apalagi dapet return uang kembali 5000 rupiah total ke bogor cuma 7000 KRL + 6000 angutan 03 :D 

karna makan cuman dapet 3 kali, saya dan nina cukup menghibur perut dengan pop mie yang sudah disiapkan dari jakarta. dan itu cukup mengganjal perut kita.

jangan pikir jadi backpakcer itu enak jalan jalan mulu, abis backpacker keliatan imit-imitnya saya, makan bawa bekel, gak ke mall nonton bioskop, ga jalan bareng gebetan, ga makan junk food yang enyak lezat. karna keindahan alam itu mahal!!! hahhaa

terimakasih mas teguh leader yang baik membawa kita sampai ke sawarna, next may be saya akan ikut gabung lagi insyaAllah yang ke baduy tapi yang ga bulan ini hahaha bulan desember may bih, insyaAllah.

jaga alam, buang sampah pada tempatnya!

You Might Also Like

0 comment

Terimakasih sudah bersedia membaca, silahkan isi pesan dan kesan atau kritik di kolom komentar dibawah ini