rindu ramadhan

8:23 AM

rindu bisa diartikan selalu dikenang, selalu terbayang, selalu ingin mengulangnya lagi, atau ada arti lain?

entah kenapa saya selalu merindukan bulan ramadhan, entah dari sisi buka bersama dengan teman lama, momen bersama keluarga mendekati lebaran, atau yang selalu gue rindukan momen bulan puasa waktu di pondok.

kangen tidur siang bolos diniyah. ini kebiasaan yang gak boleh ditiru tapi bikin kangen. bukan cuma pas puasa si ga bulan puasa juga gue sering bolos diniyah. bukan karena males, ga tau deh suka bolos aja.

kangen jebol puasa, ini juga ga boleh ditiru. waktu itu pernah pulang sekolah langsung ke kamar, dan ada yang gak puasa seenak jidat ngerebus mie, ngerebus disini maksudnya masukin aer panas ke kemasan mie (cara masak mie di pondok), syetan pun ngeledek perut gue akhirnya setelah ngeces ngiler gue ikutan masak mie, abis itu bobo siang -,- innalillaaah

kangen sholat tharawih di pondok. kenapa kangen sholat thrawih di pondok? di pondok itu ada banyak titik yang membuka jamaah thrawih, gue termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang milih titik dimana sholatnya cepet kilat. yappp pasangan shalat thrawih gue adalah ani, kita rajin milih shalat thrawih di rumah pak kyai, cepet kilat ga panjang bacaannya, mau tau bacaannya apa? cuma beberapa ayat doang, eh seayat malah "yaaasiiiiin" kemudian allahuakbar.

beda kalo jamaah di masjid (pusat) sama gus takmir biasanya, bacannya itu satu juz setiap malamnya. luamaaa abiiiss, bisa disambi beli es jeruk dulu, disambi ngemil duyu, kadang gue juga setelah rakaat 11 langsung naik ke kamar dan bobo cantik atau ngegosip (jangan ditiru).

kangen ngabuburit. biasanya anak gaul kota ngabuburitnya pake motor nongkrong dimana gitu yak, nah kalo gue anak pondokan ngabuburitnya ke warnet, abis itu nyari makanan jalan kaki borong segala macem makanan dan satu yang wajib "ES BATU" hihi

kangen sahur diiringi sholawatan "yabad rotim ya bad rotiiiiiiim" ituuu muluuuu. jangan sangka kita pernah makan sahur enak kaya kalian di rumah, kita selalu makan sayur yang dibeli pas kemarin sore. tapi tetep nikmaaaaaat. 

kangen buka bareng. nah ini yang dikangenin, buka bareng di kamar dengan ragam makanan hasil buruan ngabuburit. sambil ngegosip, ketawa haha hihi, kita selalu buka dengan es batu tanpa itu puasa kita ga afdhol. kita disini its mean gue dan temen temen pondok gue.

kangen ngaji kitab. nah kalo bulan puasa kita ngerodi ngaji kitab lima waktu selalu ada jadwalnya, tapi gue selalu cuma ikut ngaji kitab abis tharawih :D selain itu jarang-jarang ikutan broowh tapi yaa pasti ikut kok ga bolos bolong muluu -,- kangen ngaji kitab sambil gosipin gus uzzi (yg ngajar) kalo yang ngajar gus uzzi. kangen ngaji kitab sambil tengkurep abis itu lama-lama ketiduran. haha

kangen tidur di kelas. kalo bulan puasa jangan heran di jam terakhir di kelas kita semua udah teler bobo di atas meja. pernah waktu itu kejadian, pelajarannya pak agus himawan (pelajaran apa ya lupa), waktu itu bulan puasa pokonya, semuanya tidur satu kelas ga cewek ga cowok, yang ga tidur cuma dua orang yang duduk di depan. karena pak agus itu baiknya super baik subhanallah beliau ga marah sedikit pun malah melas kayaknya ama kita, pengertian beliau itu. huuh jadi kangen pak agus :*

aaaah kangeen rinduu, rasanya pengen balik lagi ngerasain bulan puasa bareng di pondok. dulu gue sering ngeluh di pondok tapi ternyata sekarang gue sangat merindukannya hikss. 



dan tulisan kerinduan ini untuk menyambut bulan ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, berapa ya? itungin tolong doong -,-

yang belum bayar utang buruan bayar utang kalo ga puasa sekarang ga diterima hayooo looh, buruan dibayar puasa aja 2 minggu kalo lupa utangnya berapee browh.

selamat menanti ramadhan, bulan penuh keberkahan, cerita-cerita gue jangan ditiru tidak baik ya. banyak banyak tadarus, banyak banyak sedekah, banyak banyak tidur biar ga banyak nggosip, banyak banyak beramal sholeh.



You Might Also Like

0 comment

Terimakasih sudah bersedia membaca, silahkan isi pesan dan kesan atau kritik di kolom komentar dibawah ini