masih tentang semikim-

7:28 AM

assalamualaikum

selamat malam yang dingin, tenang, puyeng



hari ini cuaca labil banget, tambah banget ditambah pala yang pikirannya labil banget dan perasaan labil banget. piyuuuuuuuuh-

mau cerita dari berangkat kuliah-

gue masuk kuliah jam 10, ceritanya paginya gue baru inget kalo tugas metode penelitian harus buat 5 rumusan masalah dari deskriptif, assosiatif, kompratif, eh bukan baru inget gue lupaaa dan diingetin sama si ninda akhinya jam yang udah hampir jam 8 gue langsung ngebut bikin seluruhnya ada 15, muter otak mikir muter muter posisi duduk tungkerap boboan.

karena mepet banget akhirnya gue kelar jam setengah 10 kurang 10 menit, dandan seadanya milih baju asal-asalan kuliah juga asal-asalan bawa tas kecil doang -,-

dari rumah menuju kampus di rawamangun cuaca di rumah daerah cikoko jakarta selatan amat sangat cerah terang benderang panasnya ga nahan, gue aja lengkap pake aksesoris motoran - masker dan sarung tangan- sampe prumpung cuaca mendung dan gue udah firasat pasti bakal ujan. dan ternyata benaaar sampe perempatan lampu merah bypass hujan turun amat sangat deraaaas. dan gue memutuskan untuk tidak berhenti karna jam sudah menunjukkan 10 kurang 4 menit lebih beberapa detik. menerobos hujan sampai kampus ngebuuut ngebuuut biar ga kebasahan.

selain kuliah sampe dhuhur, hari ini jadwal gue ketemu pa ridwan buat meminta persetujuan judul jurnal buat seminar kimia,hari sebelumnya gue udah ketemu pa ridwan nungguin beliau keluar kelas yaah nunggunya ga lama tapi nyesek sekalinya ketemu judul gue ditolak abis-abisan dan akhirnya disuruh nyari judul lain. dan pas hari ini ketemu dengan judul yang berbeda gue ditolak lagi, dan begini ternyata rasanya ditolaaak -hem

skenarionya begini-

judul jurnal yang gue dapet itu kebetulan srek sama hati gue, gampang dan emmm yaah masih bisa lah digapai angan-angan itu. tentang nano composit CdS buat ngelapisin polivinilklorida dan diuji konduktivitas thermalnya. menurut gue itu udah kimia fisik banget walaupun campuran dari radiokim dan kimia anorganik tapi kalo menurut pa ridwan bukaaaan! padahal gue udah seneng banget jurnalnya halamannya dikit, grafik ga banyak, teori ga banyak, daftar pustakanya yang banyak. yaah tapi begini akhirnya, ditolak!

setelah selesai kuliah gue langsung menuju kampus A gedung sergur, tempat ngedekemnya pak ridwan. sampe sana ternyata pa ridwan lagi ada tamu yang konsul, gue ga tau itu siapa dan akhirnya gue menunggu yaah setengah jam lah.

pas masuk ruangan pak ridwan langsung deh kasih jurnal ke pak ridwan, dan emmwww *krik *deg *krik *deg, bau-baunya ditolak firasat gue udah dalem. karena tau gaaa? firasat itu dateng dari sekitar? dan itu selalu hampir benar firasat-firasat itu.

"ini kok nanopartikel? ini kok polymer? ini masuknya ke bu yus sama pak arif, bukan ahli saya"

"gitu yaa pak? tapi paak"

"kalo kamu mau dibimbing sayaa coba kamu cari equation of state itu bidang saya"

"*krik* (ga mudeng)"

"kalo ga belousov (ga denger) itu tentang kesetimbangan jarang ada yg mengkaji"

"(masih ga mudeng)"

"(ngetik di komputer) nih coba kamu cari belousov zhabotinsky.... bla bla blaaaaa"

"(dalem hatii- oooh itu) *krik* (liat layar komputer) matiiiiii ini apaaaaaaan pak ridwaaan????) - dalem hati ngomongnya


dan gue pasrah, pasraaaaaaaaaaaaah paaaaaaaaaaaasraaaaaah! karena ini hari terakhir nyerahin judul ke PJ buat diserahin ke pa budi. pasraaaaah.

selesai konsul pa ridwan, gue-pun keluar kantor pak ridwan dengan muka lesu, pasrah, tapi legaaaaaaaaaaa. muka gue pasti nampak kegalauannya ketika itu -,-

pulangnya gue harus jemput kaka gue dulu di sekolahan daerah pulo mas. tapii sampe parkiran ternyata hujan rintik, sampe pintu keluar hujaan deraaaas, dan memutuskan buat neduh. hujan angin dan deras turut mengiringi kepedihan hati gue kala itu, turut menggalaukan perasaan ini, turut menenangkan hati gue angin serta percikan rintikan keras hujannya (halah). lama redanya, reda dikit tapi tiba-tibaaa wussssssh ujan lagi, reda cerah dikit dan wussssssh begitu hujan lagi.

dan pas reda ceraah terang benderang gue langsung cabut, tapiii baru ajaa naek motor tiba-tiba wussssh hujan lagii, ini ngeselin bangeeet bangeet bangeet, sampe sekolahan teles kebes. padahal ujan bentaar tapi UNJ banjir, WARU (jl.pemuda yg banyak fotokopian) banjir jugaa, ya ampuun begitu doang ujannya bisa banjir gimana ujan seharian waktu bulan januari itu yaah-

ketika pulang ke rumah pun begitu, hujan reda hujan reda sampai rumah begitu. labil bangeet dan bukan jakarta namanya kalo ujan dikit ga ada air menggenang, pohon rantingnya tumbang berceceran, beceek, dan maceeet.

sampe rumah bergegas nyalain laptop dan nyari jurnal *lagi*, hal ini udah gue lakuin ketiga kalinya. kali berbeda langsung nyari yang dituju, tapi tetep susah nemunya. dan gue baru tau ternyata belousov zhabotinsky itu jarang dipake buat penelitian, buktinya gue selalu nemuin tahun yang beda-beda ada dari yang 1980 -,- biasanya kalo penelitian yang udah sering diteliti itu pasti banyak jurnal yang update. dan ternyata gue juga tau kenapa jarang diteliti karena itu theory banget terlalu banyak teorinya puyeeeeng mak.

jurnal yang gue dapet banyak banget, galau milihnya tapi dengan penuh keyakinan ngilangin keraguan gue pun memilih judul ini

Patterns in the Belousov–Zhabotinsky reaction in water-in-oil microemulsion induced by a temperature gradient

sebenernya isinya terlalu kompleks gue yakin banget ga ada yang gue udah ngerti, semua belum ngerti soalnya ini ga pernah disinggung-singgung di perkuliahan gue sampe sekarang. piyuuuuuh sekali sodarah!

berdoa ajalah mudah-mudahan dipermudah dalam memahami, menyampaikan, menyelesaikan amin-

selain semkim gue memikirkan hal lain, komunitas dan kepanitiaan. kalo kepanitian GPC Greenprenuership Challange gaa terlalu puyeng sih gue cuma jadi dana usaha cuma jadi tukang jualan tapi harus berpartisipasi yang lain ikut rapat dan ikut mikir kerja kontribusi di acaranya. yang satu lagi komunitas di kampus, hemmm gimana yaa ada suatu kesalahan di dalamnya, gue aja ampe bingung harus ngapain disitu, kebetulan komunitas itu ngadain rapat, ketemu pas gue selalu berhalangan hadir, lah wong ngajaknya dadakan sedangkan gue udah acara lain yang udah fix jauh-jauh hari.

kalo yg gue suka dari GPC, dia terjadwal walaupun jadwalnya selalu berubah karena revisi dari temen-temen lain, sistematis. jadi kalo ada yang ga dateng per PJ-nya selalu ngasih info apa yang dibicarakan ketika ketemu, sering kirim email kabar-kabar, dan kita semua mahasiswa kecuali ka leo dan ka mia tapi salut semua panitianya komitmennya tinggi :3 

jadi ngalor ngidul ceritanya, tapi begitulah organisasi. apalagi komunitas yang dibangun dari bayi harus mental kuat.

bismillah mudah-mudahan semua kepegang, semkim-kuliah-GPC :)

wassalamualaikum-
keep dreaming!

You Might Also Like

2 comment

  1. semangat sobatku sayang :)

    BalasHapus
  2. kamuu siapa misteriuuus? huahahaha *sok ga kenal* :P

    BalasHapus

Terimakasih sudah bersedia membaca, silahkan isi pesan dan kesan atau kritik di kolom komentar dibawah ini