gabung mulung tidung 2

7:41 AM

Assalamualaikum
orang sibuk iseng posting blog berbagi cerita :)




apa kabar cemans cemans blog? baik kan? pastilah baik, yang jomblo udah pada punya pacar? yang pacarannya udah lama ampe lumutan udah kawin belom? oke itu pertanyaan tidak penting.

heemm akyu sibuk lhoooh jeuuung ampe gak sempet gitu yaa ngurusin blog sendiri, sibuk ngurusin blog temu kimia unj sama bemj kimia cyiiin, maaf yaa blogku teman sejatiku aku meninggalkanmu mengacuhkanmu sejenak *ditimpuk batu sama blog*

ada yang tau kaki gatel? gak tau ya? hemm gue juga baru tau. coba gabung di grup kaki gatel deh, nanti pasti lo tau, cari aja di fb lo kaki gatel pasti keluar kaki lo yang lagi gatel *krik krik.jangan percaya pernyataan ini, kalo pengen tau cari tau sendiri aja yaaa waktu gue gak banyak soalnyaawww.

gue akan bercerita sedikit tentang gabung mulung tidung 2. tau belum gabung mulung tidung 2? belom kan? jadi simak cerita singkat gue ini yang amazing woow hebat awesome *pasang nyengir gigi

jadi gini, kemaren weekend sabtu minggu tepatnya tanggal 17-18 september 2011. di gabung mulung tidung 2 ini acaranya semacam gerakan nyata membersihkan tidung. udah pernah ke pulau tidung belom? gue baru aja sekali kesana (orang jakarta katrok kaya gue, maklum jadwal padet merayap). sebelumnya gabung mulung tidung ini udah berjalan dengan sukses dan alhamdulillah yah kemaren itu acaranya sukses banget walaupun sedikit nyampah jadi pemulung beberapa jam doang.

oke lets menyimak cerita dari awal melangkahkan kaki dari rumah tercinta gue.

04.45-kurang lebihnya gak ditawar sama bapak detik-jam wilayah indonesia barat.

dengan semangatnya ke tidung gue rela bangun jam 04.00 WIJG (wilayah indonesia jam gue), buru-buru mandi jebyar jebyur kaya beber langsung dengan buru-buru juga pamit ibu tercinta, kurang lebih jam 04.45 gue dan kakak gue jalan ke stasiun cawang. beruntung banget rumah gue sangat dekat dengan stasiun jadi gak perlu repooot. sampe stasiun gue anak motor beat gaul jakarta kebingungan naek kereta menuju stasiun kota, maklum aja yaah.

sampe stasiun kota langsung menuju mas dani rahmat panitia GMT (singkatannya gitu), naek mikrolet M015 kota-tanjung priuk menuju pelabuhan bahtera jaya, oke itu baru sekali gue ke pelabuhan, pelabuhan kecil lagi, maklum transportasi yang sering gue tumpang cuman kereta api jarak jauh, mobil, dan motor beat gue. sampe sana langsung nyamper mbak TL (team leader) bernama maria kamarudin.

08.30-kurang lebih menuju pulau tidung

karena yang ikut itu sangat buanyaaaaak 700 orang loooh dengan hanya 5 kapal, dan satu-satu kelompok masuk kapalnya menjadikan membuat sangat amat lama masuk ke kapal. per kelompok itu ada 30, itupun kalo komplit ya..

gue kenalin ya kelompok gue siji-siji
gue, mba uti, mba esti, mba nadia, mas gumgum a.k.a mas oyo, mas pion, mba diah,mas wiro sableng, mas anton, mas faris, rifqi, mia, novi, dian,nana, tiur, ocha, wina, nitnut, mba dewi, mba alfi, mba anita, ryan (bule), dan ada dua orang lagi yang gue lupa namanya (maklum gak pernah ngobrol sama yang dua ini).

lanjut cerita, kapal yang gue tumpangi itu namanya madina kecil mungil panas. gue kira naek kapal yang gede itu eh ternyata kecil mana umpel-umpelan tapi jadi pengalaman sih dan lebihs seru dan akrab soalnya jadi banyak ngobrol di kapal, saking mepetnya duduk.

12.30-kurang lebih sampe di tidung

oh iya disepanjang jalan menuju tidung sangat amat aku melihat banyak sampah ditengah laut yang mengapung begitu saja, dari airnya yang hitam sampe biru itu nampak sampah walaupun cuma segelintir tapiiii miris liatnya.

sampe di tidung kebele pipis *gak penting, sampe disana belom ngeliat pantainya tuh jadi belom takjub, malah kecewa ngeliat banyak sampah berserakan gitu aja, udah gitu bau bangeet, huuh mirisnya tidung mungkin karena saking banyaknya wisatawan kesana, dan mungkin kurang pedulinya warga sana kali ya.

pulau tidung kecil tapi banyak penduduknya, sekita 7000an orang (katanya sih), makannya kotor banget yaa, udah padet siih. belom lagi kalo wisatawan kesana. mungki ini faktor utama kenapa tidung kotor bangeeet, selaen faktor angin laut besar yang ngebawa sampah dari jakarta yaa.

02.00-kurang lebihnya mulai jadi pemulung.

nah baru setelah istirahat bentar, makan plus bikin yel yel baru deh kembali ke dermaga kumpul, dan langsung dibagi titik-titik perkelompok buat mulung sampah.
kelompok gue tim sebelas kebagian di ujuuung pulau tidung.

mulung sampahnya itu dibagi-bagi, ada yang mulung plastik biasa, plastik aqua, plastik makanan, kaleng, sterofom, dan lain lain. menurut gue ini gak efektif, soalnya yaaa pas kita ngeliat banyak sampah tapi bagian kita bukan dibagian tugas kita jadi gak bisa diambil. dan gak efektifnya kita cuma mulung di sepanjang jalan gak dipantainya. menurut gue mungkin secara kesuluruhan dengan manusia yang banyak gitu panitia harus bawa trek pengerok sampah yang gede itu, jadi timbunan sampah yang ada di pinggir pantai yang amat mengganggu pemandangan indah tidung bisa kita buang. sayangnya gak ada trek pengerok sampah. jadi sampah yang banyak di pinggir pantai gak bisa dibuang, yaa menurut gue sedikit sia-sia acara mulung tidung ini atau kurang maksimal menurut gue.

nah gue agak kecewa nih, sampahnya ditimbun gitu aja dipingggir pantai, tanpa memilah, padahal ada kaleng, botol aqua, botol beling,yang bisa dimanfaatin lagi kan? dan ada sterofom yang gak bisa dibakar gitu aja. dan gue gak paham itu ditimbun terus kelanjutannya gimana. jadi sia-sia lagi kaaaan???????

mudah-mudahan kalo ada acara mulung pulau lainnya lebih maksimal dan lebih dipikirin lagi caranya biar maksimal, amiiin (gue mau tuh ikut lagi asal gratis lagi hahaha *ketawa kuda)

oke mungkin kedepan skripsi gue akan melakukan penelitian di tidung ( haha alih demi alih biar sering ketidung), sayangnya warga disana kurang ramah banget sama pengunjung, kesannya gak welcome gitu deh.

nah selain mulung, ada kegiatan lain nih, ada penanaman mangrove, dan batu kubus, ada juga peremajaan taman bacaan. ada lagi juga (bahasa yang aneh) dari tim greenpeace dia ngebuat pebangkit tenaga surya untuk ngidupin listrik di taman bacaan yang sekarang udah dikasih AC. ngomong-ngomong  gue tertarik nih jadi anggota greenpeace. haha

15.30-kurang lebih istirahat acara bebas

nah mulai jam segini udah bebas tuh, sorenya jayan jayan deh ke pulau tidung jembatan cintanya, mulai takjub dan pengen kesana lagi rasanya, pengen ngerasain lompat dari jembatan cinta, pengen snorkling, pengen banana boatnya. mudah-mudahan bisa kesana lagi amiiin. sedih kesana gak nyobain itu semua, tapi seneng bisa ngeliat tidung cakeeep banget lebih indah dan cakep kalo gak ada sampah, huehuehue

sampe besok harinya itu acara bebas, malemnya acara kumpul gitu sih tapi gak ngikutin ampe selesai soalnya ngantung banget, jadi langsung tidur jam 11 malem, hahaa ngantuk capek bangeeet.

06.00-paginya bangun penuh semangat

nah semangat banget nih bangun pagi-pagi, langsung pinjem sepeda maen sepeda ngejar sunrise, mau ngeliat sunrise (orang katrok lagi-lagi), sendirian tuh kesana, ditinggal ama tim sebelas soalnya, tapi lebih enak dan menikmati jalam sendirian sih. ini yang pengen balik lagi, liat sunrise dan sunset disini cakep beneeeeer.

selanjutnya gue dan kakak gue nyemplung di pantai loncat gak jelas ampe basah kuyup. subhanallah yah gue mau basah-basahan di pantai, biasanya tuh gak mau basah ke pantai. hahaha

14-00 kurang lebih menuju jakarta

ini cerita akhirnya, gue balik ke jakarta dengan beda cerita kapalnya lebih gede dan gue bisa tiduran bahkan ampe tertidur di kapal saking capeknya.
alhamdulillah seneng banget ikutan mulung tidung 2, mudah-mudahan ada mulung karimun jawa, amiiiin hahah *ngareeeeeeeeeep.

oke yang mau bergabung, klik grup kaki gatel, nanti mungkin ada info lagi kalo ada acara macem charity gini, dan insyaAllah gue bakal ikut deh tapi butuh kerja keras ngumpulin duitnya maklum gue mahasiswa yang pengangguran.


ini dia hasil jepretan foto-foto di tidung












overall big thanks buat kaki gatel yang udah nyelenggarain acara ini tentunya terutama big thanks buat bung arta (bartasan wauran) ketua pelaksana yang menggagaskan acara ini. semoga ada GMT ke-3 eh salah GMKJ (gabung mulung karimun jawa) hahaha *ngareeep


semoga bermanfaat dan bikin kalian pengen gabung yaa tulisan gue ini, amiin
wassalamualaikum

You Might Also Like

1 comment

  1. Wah seru banget ya mbak, klo ana ikutan pasti tambah seru karena bawa 200 jamaah akhwat...hehehehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah bersedia membaca, silahkan isi pesan dan kesan atau kritik di kolom komentar dibawah ini