tentang keluargaku

9:39 PM






karena hari ini hari minggu gue bengong gara-gara pekerjaan bikin LAPORAN udah gue selesein tadi malem hasilnya gue niatin nulis blog, tadinya mao curhat masalah gue tapi itu terlalu privat kali yaa. hhmm gue ceritain aja tentang keluarga gue yaa.


ini adalah mbah uyut gue, beliau terkenal insyaAllah dunia akhirat terkenalnya :D (ngomongnya di tata). familiarnya di panggil mbah malik. nah mbah malik ini punya ayah namanya mbah ilyas (bukan bokap gue) nah bapaknya mbah ilyas ini pangeran diponegoro ke___? (lupa ke berpaa deh). subhanallah banget kalo tau ceritanya, mau diceritain tapi takut salah, soalnya agak-agak lupa. karena nama besar mbah malik, gue sebagai keturunannya bener-bener susah ngebawa nama besar beliau yang selalu erat meluk bahu gue.

contohnya aja, waktu gue pindah ke solo daan ada salah satu temen gue HANA yang tiba-tiba nyamperin gue nyium tangan gue, bayangin aja lo nyium tangan nyokap lo pas sungkeman lebaran, itu dia cara hana nyalamin gue, sampe segitunya kan. tentunya orang awam yang gak kenal mbah malik tentu orang yang biasa-biasa aja. jelaslah gue di lingkungan pesantren dengan mereka yang tidak biasa yang mengenal mbah malik, berat buat gue memikul nama besar beliau. beda dengan keadaan gue sekarang dimana gue berada di lingkungan orang awam yang tidak begitu memahami wali ataupun ulama.

setidaknya gue seorang cicitnya belum pernah sekalipun di datengin secara langsung ataupun dari mimpi, sedangkan yang bukan siapa-siapanya bahkan baru ngeliat dan kenal di google udah di datengin di alam mimpinya, itu yang pernah gue denger dari bokap dan dia langsung meluncur ke rumah si mbah gue yang di purwokerto langsung ziarah ke makamnya dan menangis dia disana, subhanallah banget. gue selalu menunggu kehadiran beliau setidaknya mengelus keningku lalu mendoakanku. amiiin ya Raabb.



nah ini bapak dan ibu tercinta yang paling ter the best. kalo denger cerita mereka berdua sebelum mereka nikah bener-bener jadi panutan (bagi gue yaa). bokap gue selalu cerita kalo dia anak yang paling di sayang sama ibunya (mbah uti gue), mbah hiyah gak pernah sekalipun marah sama bokap gue, subhanallah banget karena bokap selalu tau apa yang dipengenin mbah hiyah, di masa terkahirnya mbah hiyah bokap juga nurutin apa yang di pengenin mbah hiyah, yaitu jaket woll yang tebel banget yang mahalnya minta ampun, bokap gue pun langsung bergegas beliinnya.

sekarang bokap gue nerusin jejak mbah gue, dia penerus ke 3 setelah wafatnya mbah malik. jadi sekarang bokap gue di jawa nyokap gue di jakarta. sebenernya kasian sama mereka berdua, gue selalu minta sama nyokap gue ''mungkin gak bu? minta sama habib lutfi biar bapak mundur dan balik ke jakarta?" mungkin pertanyaan itu gak sopan, tapi ngeliat kondisi bokap dan nyokap gue bener2 gak tega. gue paham mereka bapak ibu gue mengabdi banget sama murid-muridnya, hidup mereka buat mengabdi sama murid-muridnya. tapi gue gak tega kalo kondisinya harus selalu terpisah apalagi kesehatan mereka gak kaya dulu lagi.

ibunda tercinta gue. mungkin kalo di tanya "siapa yang paling kamu cintai ?" jelas nyokap gue jawaban gue. berkal-kali gue selalu nyakitin nyokap gue tapi hati nyokap gue yang selalu di hiasi kesucian, selalu memaafkan gue dan gak pernah lelah mendidik gue. kalo inget waktu dimana gue pernah nyakitin nyokap, gue selalu nangis dan nyesel. sekarang kalo ada yang nyakitin nyokap gue rasanya gue pengen ngamuk sama itu orang tapi gue milih diem soalnya ujung2nya nyokap gue juga ntar nangis gara-gara ada yang berantem di rumah.

ini dia keluarga besar gue, amat besar soalnya banyak banget, ini baru satu yang nikah belom gue yang nikah yaa. bisa tambha banyak nanti pas foto gak muat :0



You Might Also Like

5 comment

  1. berdasarkan ”Surat Kekancingan” (semacam surat pernyataan kelahiran) dari pustaka Kraton Yogyakarta dengan rincian Muhammad Ash’ad, Abdul Malik bin Muhammad Ilyas bin Raden Mas Haji Ali Dipowongso bin HPA. Diponegoro II bin HPA. Diponegoro I (Abdul Hamid) bin Kanjeng Sultan Hamengku Buwono III Yogyakarta.

    BalasHapus
  2. Assalamua'alikum wr wb

    mba aq bisa minta foto mbah malik yang ukuran resolusinya tinggi, yang sudah ada ini bagus ada lainnya lagi enggak yaa tolong dimuat yaa terima kasih.

    BalasHapus
  3. wassalamaualaikum.
    iya insyaAllah ya nanti ijin dulu sama abah

    BalasHapus
  4. Serius itu sis? Saya juga keturunan dari KH Muh. Ilyas di sokaraja keluarga saya dari istri ke-3 nya.
    Ini pin bbm saya siapa tau jadi lebih kenal keluarga 5BE987E9

    BalasHapus

Terimakasih sudah bersedia membaca, silahkan isi pesan dan kesan atau kritik di kolom komentar dibawah ini